Pages

Sabtu, 27 Oktober 2012

Teori Organisasi Umum 1 (Tugas 2)

1. Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, jelaskan! Pembagian tugas mutlak dilakukan dalam organisasi agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan pekerjaan. Agar tidak menimbulkan penumpukan pekerjaan pada satu titik dan kekosongan pada titik yang lain. supaya ada pegawai yang sedang main game dan ngobrol tetapi yang lain sibuk dengan pekerjaannya. Jika ini dibiarkan mengakibatkan kecemburuan social dan kesenjangan social, apalagi dalam organisasi pemerintah.
Pembagian tugas berfungsi agar tidak timbul manajemen “tukang sate”, dia meraut lidi, dia yang menusuk sate, dia yang membakar sate, dia yang membuat sambal, semua dia yang melakukan. Organisasi yang menerapkan menejemen “tukang sate” , organisasai tidak sehat, harus ada pembagian tugas dengan jelas, siapa yang mengonsep surat, siapa mengangendakan surat, siapa yang mengetik, siapa yang mengantar surat. Bukan “semua untuk satu” atau “satu untuk semua”.
Pembagian tugas akan menimbulkan kerjasama antar anggota organisasi terjalin. Inilah ciri organisasai modern. Dimana, penyelesaian pekerjaan tidak mengandalkan individu tetapi kerja tim (Team work).

2. Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi?
Kesepakatan yang dibuat diawal pembentukan tim organisasi dapat mempermudah tim untuk berkoordinasi dengan baik antara sesama anggota organisasi. Contohnya: koordinasi yang dilakukan antara ketua dengan anggotanya untuk saling terbuka dalam melakukan suatu kegiatan dapat mempermudah berkembangnya koordinasi antara sesama anggota organisasi, karena untuk dapat saling berkoordinasi dengan baik harus ada saling keterbukaan antara satu dengan yang lain. Karena akan menyulitkan jika ada anggota yang tidak dapat dipercaya, hal ini akan mempengaruhi kinerja tim dan juga gerak social tim.

3. Jika terdapat bentuk organisasi seperti dibawah ini :

a. Berapa arus hubungan komunikasi?
1 arus, antara si a dengan I, II, III, IV

b. Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi!  

4. Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan?
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau tertulis, verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak yang melakukan kuminikasi tersebut. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan contoh : menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Dengan komunikasi yg baik, maka penyampaian informasi/keterangan dapat lebih mudah dimengerti oleh kedua belah piak yang saling berkomunikasi. Bahasa pun menentukan prosesnya, apabila bahasa yang disampaikan kurang kita pahami maka informasi/keterangan menjadi rancu atau tidak jelas.

5. Organisasi menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan-keuntungan, sebutkan keuntungan-keuntungan tersebut dan beri contoh?
Dalam berkomunikasi menggunakan bahasa formal antara satu dengan yang lain dalam berorganisasi memiliki banyak keuntungan. Contohnya antara lain adalah : dalam berkomunikasi dengan atasan di dalam suatu organisasi bawahan harus menggunakan bahasa formal agar dinilai baik oleh atasan.



Referensi : http://almaidahsofyanaa.blogspot.com/2011/11/tugas-tou-2.html
http://rikiadipur.blogspot.com/2012/10/teori-organisasi-umum-2.html
http://gunungmareje.blogspot.com/2012/04/pembagian-tugas-dalam-organisasi.html
http://arianus.wordpress.com/page/2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar