Pages

Sabtu, 29 Maret 2014

Manfaat Air Mineral

Air mineral adalah air yang mengandung mineral atau bahan-bahan larut lain yang mengubah rasa atau memberi nilai-nilai terapi. Banyak kandungan Garam, sulfur, dan gas-gas yang larut di dalam air ini. Air mineral biasanya masih memiliki buih. Air mineral bersumber dari mata air yang berada di alam. Di Indonesia, bisnis air mineral dimulai pada tahun 1973 dengan merek Aqua, bisnis tersebut didirikan oleh Tirto Utomo dan Ibnu Sutowo. Mineral juga merupakan sumber minuman kepada atlet. Mineral dapat menggantikan dan memulihkan sel-sel badan yang lama kepada sel yang baru. Namun hakikatnya air mineral adalah lebih mahal daripada air minuman.
Seringkali Anda mendengar anjuran untuk mengkonsumsi air mineral minimal 8 - 10 gelas atau 2 - 2,5 liter perhari. Anjuran tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat ada banyak manfaat yang terkandung pada air mineral yang dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.
Berikut ini beberapa manfaat air mineral yang jarang Anda ketahui:
  • Menjaga keseimbangan tubuh
Sebagian besar tubuh manusia tersusun dari air. Fungsi air ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan sari makanan, sirkulasi darah dalam tubuh, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh. Tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang keluar dan masuk dalam tubuh. Rasa haus merupakan mekanisme yang normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh.
  • Meningkatkan Energi
Kegiatan seharian pasti membuat tubuh kelelahan, hal ini bisa disebabkan oleh dehidrasi. Minum satu atau dua gelas air mineral dapat membantu menjaga kesegaran di tengah aktivitas.
  • Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi air mineral dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan, sehingga kita akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Mineral yang terkandung pada air mineral seperti klorida dan bikarbonat sangat penting dalam membantu pencernaan serta menyeimbangkan keadaan asam lambung dan usus. Karena itu, air mineral membantu dalam optimasi manfaat yang diperoleh oleh tubuh melalui makanan dengan pencernaan yang efektif sehingga nutrisi makanan dapat diekstrasi dengan benar.
  • Membantu detoksifikasi tubuh
Racun yang mengendap pada bagian pencernaan, khususnya limpa, hati dan ginjal bisa dibuang dan dihilangkan dengan mengkonsumsi air mineral secara teratur dalam jumlah yang tepat. Dengan memberikan cairan yang cukup pada ginjal dan hati, maka organ tersebut akan dapat bekerja lebih optimal.
  • Kesehatan kulit
Saat kekurangan cairan, tubuh akan menyerap kandungan air dari dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Mengkonsumsi air mineral tidak hanya menjaga kelembaban kulit saja, tetapi juga membuang racun dalam tubuh sehingga kulit senantiasa terjaga kesehatannya dan menghidrasi sel-sel kulit, mengangkat kotoran serta meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, sehingga kulit menjadi lebih segar dan cerah sepanjang hari.

Referensi : http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2013/02/07/manfaat-mengkonsumsi-air-mineral-531260.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Air_mineral

1 komentar:

  1. makasih atas infonya sangat bermanfaat, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2IYb0Kt

    BalasHapus